Sabtu, 06 Oktober 2018

REGRESI PANEL DENGAN STATA - PART2

Pada halaman sebelumnya, telah dijelaskan mengenai tutorial uji asumsi klasik dengan STATA. Berikut ini adalah tutorial uji multikolinearitas dengan STATA :




 



Uji multikolinearitas dalam STATA dapat dilakukan dengan melihat nilai VIF masing-masing variabel. Model regresi dinyatakan terbebas dari kasus multikolinearitas jika nilai VIF masing-masing variabel < 10.

Syntax yang digunakan dalam pengujian ini adalah sebagai berikut :

regress Y X1 X2 X3 X4 X5
vif

Hasil pengujian dengan syntax tersebut adalah sebagai berikut :
 

Berdasarkan hasil pengujian terseut,  seluruh variabel memiliki nilai VIF < 10 yang berarti model regresi terbebas dari kasus multikolinearitas. 


Selain dengan melihat nilai vif, uji multikolinearitas juga dapat dilakukan dengan meliaht koefisien korelasi antar variabel bebas. Syntax yang digunakan dalam pengujian ini adalah sebagai berikut :

corr X1 X2 X3 X4 X5

Dengan syntax tersebut akan diperoleh hasil sebagai berikut :

 

Berdasarkan hasil tersebut, tidak ada variabel bebas yang memiliki korelasi > 0,9 dengan variabel bebas lainnya sehingga dapat disimpulkan bahwa tidak terdapat multikolinearitas dalam model regresi.

Selain uji normalitas dan Multikolinearitas, uji asumsi klasik regersi lainnya dalah uji Heteroskedastisitas. Materi selengkapnya dapat anda lihat di halaman berikutnya yaitu Uji Heteroskedastisitas STATA.







Share This

Tidak ada komentar:

Jangan Bingung , Selesaikan Sekarang, kami siap membantu! !
Support by Jasa Blog

wa