Senin, 17 April 2017

Uji Validitas dan Reliabilitas Konstruk dalam SEM

Tahap - tahap dalam analisis Sem meliputi tahap pengujian model pengukuran, tahap uji pra syarat analisis SEM dan tahap pengujian model struktural.



Pengujian Model pengukuran
Tahap pengujian model pengukuran merupakan tahap uji validitas dan reliabilitas indikator pada masing-masing konstruk eksogen dan endogen.
Dalam pengujian ini, indikator dinyatakan valid  jika memiliki loading factor > 0,5 dan p value < 0,05 dan konstruk dinyatakan reliabel jika memiliki nilai CR > 0,7 dan AVE > 0,5.

Berikut ini adalah salah satu contoh konstruk yang memiliki indikator valid :




Pengujian selanjutny adalah dengan melihat nilai CR dan AVE. Perhitungan CR dan AVE cukup mudah. Anda juga dapat menggunakan bantuan kalkulator CR dan AVE pada link berikut calculator CR dan AVE

Anda juga dapat menghitungnya secara manual dengan menggunakan program MS Excel




Uji Prasyarat Analisis SEM
Uji prasyarat analisis SEM meliputi uji outlier, kecukupan jumlah sampel, uji normalitas, uji multikolinearitas
Uji outlier digunakan untuk menguji apakah dari seluruh data yang akan dianalisis terdapat data outlier. Data outlier sebaiknya didrop dan tidak dianalisis karena dapat mengganggu hasil analisis.
Uji Kecukupan jumlah sampel digunakan untuk menguji apakah setelah pembuangan outlier, jumlah sampel masih emncukupi untuk dianalisis dengan menggunakan metode SEM. Dalam program AMOS, analisis SEM membutuhkan 100 -  200 sampel atau sebanyak 5-10 kali jumlah indikator valid.
Uji Normalitas digunakan untuk menguji apakah data yang akan dianalisis telah berdistribusi normal.
Uji Multikolinearitas digunakan untuk menguji ada tidaknya multikolienaritas antar variabel eksogen.

Pengujian Model Struktural
Tahap pertama dalam pengujian model struktural adalah menguji goodness of fit model. Model SEM diharapkan dapat memenuhi semua kriteria dalam aturan goodness of fit model atau setidaknya memiliki probability > 0,05 karena model struktural dengan probability > 0,05 menunjukkan bahwa model telah memiliki matriks kovariab yang sama dengan matriks kovarian populasi sehingga dapat menunjukkan kondisi populasi yang sebenarnya.
Apabila model telah fit, maka model telah layak digunakan untuk menguji hipotesis penelitian. Pengujian dilakukan dengan melihat nilai p value dan CR pada tabel regression weight.
Dalam pengujian ini, variabel eksogen dinyatakan berpengaruh signifikan terhadap variabel endogen jika memiliki nilai p value < 0,05 (***) dan CR > 1,96. Adapun arah pengaruh dapat dilihat dari nilai koefisien jalurnya (estimates/standard estimates)


Sekian sedikit informasi mengenai tahap-tahap dalam analisis SEM. Apabila anda masih membutuhkan bantuan, silakan hubungi kami. Ada beberapa pilihan paket di tempat kami, silakan anda pilih sesuai dengan kebutuhan dan budget anda. 
Paket paling simple dan murah adalah Paket run data, paket ini cocok buat anda yang hanya ingin cek hasil olahan data asli, apakah sudah cukup baik untuk penelitian anda atau perlu diperbaiki. 
Paket di atasnya adalah paket olah data, cocok bagi anda yang hanya membutuhkan olah data dan interpretasi sedangkan pembahasan akan anda kerjakan sendiri. 
Selanjutnya paket di atasnya lagi adalah paket full bab 4,5 lampiran, paket ini cocok buat anda yang tidak punya banyak waktu untuk menulis pembahsan, kami juga dapat menyesuaikan isi bab 4,5 sesesuai dengan prosedur di kampus anda
Selanjutnya, paket paling atas adalah paket All in, paket ini cocok buat anda yang tidak memiliki banyak waktu lagi untuk menghadapi sidang tugas akhir, dalam paket ini selain anda telah mendapatkan full bab 4,5 anda juga akan mendapatkan abstrak/abstract, jurnal yang siap disubmit & power point presentation untuk keperluan sidang dan seminar tugas akhir anda.   
Berikut ini adalah keterangan lebih lanjut mengenai keempat paket tersebut :Berikut ini adalah 4 macam paket yang kami tawarkan :

Lalu, mengapa anda perlu memilih mengolahkan data di tempat kami ??
Berikut ini adalah benefit dan kelebihan olah data di tempat kami :

 
Berminat?
Jangan lama-lama membuang waktu,  segera hubungi kami di :

SMS/Telp : 0857 1383 5122 - 0812 1773 1374
Whatsapp : 0857 1383 5122 - 0812 1773 1374
Line : 0857 1383 5122 
Email : analisadataku@gmail.com
PROSEDUR OLAH DATA :

 

Bagi anda yang ingin bertemu langsung dengan kami, berikut ini adalah alamat kantor kami:
 

 
Mau lebih yakin dengan testimoni?
Kunjungi instagram kami yuk di @olah_data_tesis